The Singles Flashbacks : Rihanna - Talk That Talk

Oct 26, 2012


Let's go for a flashback of this Barbadian girl's sixth album, Talk That Talk!

Rihanna - Talk That Talk album cover

Di blantika musik dunia, khususnya Amerika Serikat, seorang Rihanna ternyata tergolong cukup aktif dalam mengeluarkan karya – karya terbaru selama 3 tahun terakhir. Buktinya, album LOUD dikeluarkan November 2010 dan satu tahun kemudian muncullah Talk That Talk di bulan yang sama (you should’ve known what I mean). Dan tahun ini, Rihanna akan menelurkan satu album bertajuk ‘Unapologetic’ yang dirilis pada bulan November nanti. Nah, sebagai penutup era Talk That Talk, mari kita sejenak mengulas 6 single komersil yang telah dirilis oleh RiRi dari album ini, yaitu We Found Love, You Da One, Talk That Talk, Birthday Cake, Where Have You Been, dan Cockiness (Love It).

1.       We Found Love (ft. Calvin Harris)
Debut single dari album Talk That Talk. It was such a very smash hit in 2011. Bertahan selama 11 minggu tidak berurutan di atas chart Billboard Hot 100, single yang dibantu oleh tangan DJ asal UK Calvin Harris ini, tidak dipungkiri lagi, sungguh mudah diterima oleh telinga banyak orang. Meskipun demikian, banyak juga yang menganggap single ini terlalu ‘mengejar pasar’ dan monoton secara lirik dan instrumental (meskipun dalam benak pribadi tidak demikian). Sangat riuh dan berkesan pesta meskipun, agaknya, semacam lagu galau bercampur kebahagiaan(?). Prestasi? Selain chart, music video-nya juga memenangkan Video of the Year di VMA tahun ini.

2.       You Da One
Mungkin dengan niat melanjutkan sukses We Found Love, dirilislah You Da One sebagai single kedua dari album ini. Seperti biasa, unsur hitam yang tercampur oleh balutan dubstep dengan irama reggae ini mendapat arahan positif dari ulasan beberapa kritikus. Mudah diterima dengan tempo yang cenderung mid-to-low.  Meskipun demikian, single ini tidak banyak aneh – aneh di chart, hanya peak di nomor 14 di Billboard Hot 100 namun dapat menduduki posisi 1 di Dance Club Chart. Music video-nya juga tidak se-‘liar’ We Found Love.

3.       Talk That Talk (ft. Jay – Z)
Lagi, gadis Barbadian ini mengajak serta rekan lama asal New York yang sekaligus membantu melambungkan namanya lewat ‘Umbrella’ di title track – nya. Porsi yang disediakan untuk Jay – Z sebagai salah satu penulis lagu dan performer dalam lagu ini bisa dibilang cukup. Secara musikalitas, bentuk lagunya lumayan berbeda dari 2 single sebelumnya. Mungkin butuh waktu untuk bisa mencerna lagu ini secara penuh. Dengan durasi 3.29, trek ini tidak banyak bicara di chart, hanya peak di posisi 31 di Billboard Hot 100 dan hanya masuk top 10 di 2 chart, Israel dan UK R&B Chart.

4.       Birthday Cake (Remix) [ft. Chris Brown]
She goes hard. Dengan keriuhan synth dan beat – beat ringan disertai dengan lirik – lirik nakal didalamnya, trek ini sudah cukup menggambarkan bagaiman seluruh album ini sesungguhnya. Rihanna gone wild. Di versi remix, Chris Brown pun turut serta memeriahkan ‘pesta liar’ ini (yang sekaligus membuat kita dibuat bertanya – tanya apakah mereka beneran balikan sebagai sepasang kekasih atau hanya kolaborasi komersial sesaat). Single ini hanya dirilis di radio dengan durasi 3.39 (versi album : 1.18 karena hanya sebagai interlude track) namun setidaknya lebih beruntung bisa menduduki posisi 24 di Billboard Hot 100. Satu hal menarik yang ada di trek ini : cara menyanyi Rihanna yang ‘rawr’ cukup ear-catchy.

5.       Where Have You Been
Nah, inilah single yang akhirnya menjadi penyegaran setelah 3 single sebelumnya yang cenderung gelap. Lagu dengan tipikal galau secara lirik (iya, lagu galau. Gimana gak galau kalo ternyata liriknya cari cari orang?) namun tetap saja membuat kita joget disepanjang lagu akibat olahan ritmik yang tidak monoton dan enerjik. Yeah, berterimakasihlah kepada Calvin Harris. Secara pribadi, aku justru fokus kepada performa di music video dengan koreografi a la gurun pasir, rawa – rawa, dan rumah suku yang tertata apik dan konspirasional. Tidak usah heran, bahkan single cover – nya saja sudah sangat kelihatan. Peak di no 5 dan mendapat nominasi di kategori ‘Best Choregraphy’ dan ‘Best Visual Effects’ di VMA tahun ini, rasanya cocok kalau dikatakan bahwa single ini adalah single tersukses kedua setelah We Found Love.

6.       Cockiness (Love It) [Remix] {ft. A$AP Rocky}
Trek ini adalah (IMO) trek yang sungguh nanggung untuk dirilis menjadi single. Dirilis setelah dinyanyikan live oleh RiRi bersama A$AP Rocky setelah medley dengan We Found Love, trek dengan durasi 3.39 ini (versi album : 2.58) sama sekali tidak sukses secara komersial. But, give it a listen. Backsound ‘jemblang jemblung’ dan (IMO again) perlakuan reggae terhadap ritme yang ada di dalam trek ini sangat catchy dengan lirik yang bitchy (sangat terlihat di judul lagunya). Namun, trek ini sudah bagus untuk penutup era Talk That Talk, yang artinya sebagai penanda kepada penikmat musik bahwa Rihanna sudah mencapai kebebasan untuk berekspresi di dunia music. Perfectly done.

Kesimpulannya, Talk That Talk adalah album yang sudah memerdekakan RiRi untuk berekspresi dengan berbagai jenis elemen musik dengan tidak menghilangkan bagian ‘niggas’ yang dibawanya sejak awal karirnya hingga sekarang. Terdengar seperti Rated R? Aku rasa tidak, justru ini juga merupakan penawar Rated R setelah era LOUD. And, it seems that Unapologetic will serve something as same as this album, or should be better. We’ll see this November. Back to the point, Talk That Talk is pretty excellent album in 2011 – 2012. Good job, Rihanna!

0 comments:

Post a Comment

Give comments here. No provocating, SARA, and be peace!